28
Oct
2015

Silsilah 10 Rintangan Dalam Menuntut Ilmu (Bahagian 2)

📜🍃📜🍃📜🍃📜🍃📜

🔗 Silsilah 10 Rintangan Dalam Menuntut Ilmu

❗Rintangan ke-2⃣: Meninggalkan Amal

📕 Rasulullah bersabda, “Kedua kaki seorang hamba tidak akan bergeser pada hari kiamat sampai ditanya tentang umurnya dalam hal apa dihabiskan, tentang ilmunya dalam hal apa dia kerjakan dengannya, dan tentang hartanya darimana diperoleh dan dalam hal apa dibelanjakan, dan tentang jasadnya dalam hal apa dia gunakan.” (HR Tirmidzi, hadits hasan sahih)

Hubaib bin Hujr berkata, “Dulu dikatakan, betapa indahnya iman dengan hiasan ilmu. Dan betapa indahnya ilmu dengan hiasan amal. Dan betapa indahnya amal dengan hiasan kelembutan. Dan tidak ada sesuatu ditambahkan kepada sesuatu lebih indah dibanding ilmu yang ditambahkan kepada kesabaran (yang diiringi kehati-hatian).” (Diriwayatkan Ibnu Mubarak dalam Az-Zuhud, hlm. 70, dan Ad-Dainury dalam Al-Mujalasah 2/579)

Diriwayatkan dari Abu Darda’, dia berkata, “Engkau tidak akan menjadi seorang alim sampai engkau menjadi seorang pelajar. Dan engkau dengan ilmu tidak akan menjadi seorang alim, sampai engkau mengamalkannya.”

📂 (Faedah dari Kitab 10 Rintangan Dalam Menuntut Ilmu, karya Syaikh ‘Abdussalam bin Barjas, diterbitkan Pustaka Al Haura’, diterjemahkan Abu Muhammad Ibnu Hamzah)

Bersambung insyaAllah.

📚 WhatsApp طريق السلف 📚

You may also like

Orang Yang Paling Cerdas
Penjelasan Para Ulama 4 Madzhab Mengenai Agama Syiah
Silsilah Bukti-Bukti Penyimpangan-Penyimpangan Syiah Dari Agama Islam (Bahagian 8 – Akhir)
Silsilah Bukti-Bukti Penyimpangan-Penyimpangan Syiah Dari Agama Islam (Bahagian 7)