28
Oct
2015

Silsilah 10 Rintangan Dalam Menuntut Ilmu (Bahagian 3)

📜🍃📜🍃📜🍃📜🍃📜

🔗 Silsilah 10 Rintangan Dalam Menuntut Ilmu

❗Rintangan ke-3⃣: Bersandar Hanya Kepada Kitab Bukan Ulama

Al Imam Asy Syafi’e berkata, “Barangsiapa belajar dari perut-perut kitab, dia akan menyia-nyiakan hukum-hukum.”

Sebahagian mereka berkata, “Termasuk musibah yang paling besar menjadikan lembaran (kitab) sebagai syaikh (guru), iaitu orang-orang yang belajar dari lembaran-lembaran.” (Tadzkirotus Sami’ wal Mutakallim, hlm. 87)

Al Imam Sa’id bin ‘Abdil ‘Aziz at-Tanukhi -beliau setaraf al-Auza’i- berkata, “Janganlah kalian memikul ilmu dari orang-orang yang mengambilnya dari lembaran-lembaran. Dan janganlah mengambil Al-Qur’an dari orang yang mempelajarinya dari mushaf.” (Tashhifat Al-Muhadditsin lil ‘Askariy, 1/6-7)

Dulu dikatakan, “Barangsiapa gurunya adalah kitabnya, maka kesalahannya lebih banyak daripada benarnya.”

Ibnu Batholan berkata, “Ditemukan dalam kitab beberapa hal yang menghalangi dari memperoleh ilmu, yang itu tidak ditemukan pada seorang pendidik, misalnya, kekeliruan yang muncul dari kesamaran huruf-huruf bersamaan dengan ketiadaan lafaz, kesalahan dengan tipuan pandangan, … pengetahuan yang sedikit tentang i’rob, atau rosaknya kitab yang ada, perbaikkan kitab, menulis yang tidak dibaca, membaca yang tidak ditulis, dan mazhab pengarang kitab, cacat pentranskripan, buruk penukilan, pembaca menyatukan tempat-tempat yang terputus, bercampurnya dasar-dasar pengajaran, dan penyebutan lafaz-lafaz istilah dalam susunan itu … Maka ini semua merupakan penghalang dari ilmu. Seorang yang belajar dapat beristirehat dari pembebanannya ketika membacanya bila di sisi guru. Jika perkaranya seperti gambaran ini, maka membaca/mempelajari kitab di sisi ulama itu lebih bermanfaat dan lebih utama daripada seorang yang membaca sendirian. Itulah yang ingin kami jelaskan.” (Syarh Ihya’ Al-Ulumuddin, karya Az-Zubaidi, 1/66)

📂 (Faedah dari Kitab 10 Rintangan Dalam Menuntut Ilmu, karya Syaikh ‘Abdussalam bin Barjas, diterbitkan Pustaka Al Haura’, diterjemahkan Abu Muhammad Ibnu Hamzah)

Bersambung insyaAllah.

📚 WhatsApp طريق السلف 📚

You may also like

Orang Yang Paling Cerdas
Penjelasan Para Ulama 4 Madzhab Mengenai Agama Syiah
Silsilah Bukti-Bukti Penyimpangan-Penyimpangan Syiah Dari Agama Islam (Bahagian 8 – Akhir)
Silsilah Bukti-Bukti Penyimpangan-Penyimpangan Syiah Dari Agama Islam (Bahagian 7)