31
Jan
2016

Hati-Hati Dengan Perkara Yang Membangkit Hawa Nafsu

🌹Hati-Hati Dengan Perkara Yang Membangkit Hawa Nafsu🌹

( نشر مقاطع السناب والواتس التافهة والمنكرة يشيع التفاهات والفواحش ويسهلها على النفوس )

يقول شيخ الإسلام ابن تيمية رحمه الله (مجموع الفتاوى 14/463-465) :

” فإن النفوس إذا سمعت مثل هذا – يعني من المنكرات – تحركت وتشهت وتمنت وتتيمت.

والإنسان متى رأى أو سمع أو تخيل من يفعل ما يشتهيه كان ذلك داعيا له إلى الفعل والتشبه به.

فإذا ذكر للإنسان طعام اشتهاه ومال إليه وإن وصف له ما يشتهيه من لباس أو امرأة أو مسكن أو غيره مالت نفسه إليه … وتحركت داعية المحبة سواء كانت محبة محمودة أو مذمومة.

وهذه الدواعي كلها مركوزة في نفوس بني آدم والإنسان ظلوم جهول، فالمبتلى بالفاحشة والعشق إذا ذكر ما به لغيره تحركت نفس ذلك الغير إلى جنس ذلك؛ لأن النفوس مجبولة على حب الصور الجميلة.

ولهذا نهى الله تعالى عن إشاعة الفاحشة وكذلك أمر بستر الفواحش كما قال النبي صلى الله عليه وسلم {من ابتلي من هذه القاذورات بشيء فليستتر بستر الله} وقال: {كل أمتي معافى إلا المجاهرين}.

فما دام الذنب مستورا فعقوبته على صاحبه خاصة وإذا ظهر ولم ينكر كان ضرره عاما فكيف إذا كان في ظهوره تحريك لغيره إليه ” . انتهى مختصرا

☝🏼Berkata Syaikhul Islam Ibnu Taymiyah, “Sesungguhnya jiwa manusia jika mendengar kemungkaran-kemungkaran tergerak syahwatnya, menjadi berangan-angan dan berharap.

☝🏼Demikianlah manusia bila dia melihat, mendengar atau mengkhayalkan orang melakukan sesuatu yang dia senangi maka itu menjadi pendorong baginya untuk juga melakukan hal yang sama atau menyerupainya.

☝🏼Sebagaimana manusia jika mengingat makanan tertentu yang dia sukai atau diceritakan padanya apa yang dia senangi baik itu pakaian atau wanita atau tempat tinggal atau yang lain sesuatu yang dia senangi, tergerak ajakkan cinta baik yang terpuji atau tercela.

☝🏼Penggerak syahwat ini ada pada setiap jiwa Bani Adam, sementara Bani Adam banyak kejahilan dan kezalimannya, maka orang yang terfitnah dengan hal yang keji atau asmara jika diceritakan padanya apa yang dialami oleh orang lain dalam hal yang sama akan tergerak syahwatnya dalam hal serupa hal itu kerana karakter jiwa manusia mencintai wajah yang cantik.

☝🏼Oleh sebab itu Allah haramkan penyebaran perbuatan keji dan Allah perintahkan untuk menutupinya sebagaimana sabda Rasulullah:

من ابتلي من هذه القاذورات بشيئ فليستتر بستر الله

📕”Barangsiapa yang terfitnah dengan kekejian ini maka hendaklah dia menutup diri dengan tabir Allah.”

كل أمتي معافى إلا المجاهرين

📕”Semua umatku terampuni kecuali yang terang-terangan (melakukan maksiat).”

☝🏼Maka selama dosa itu tertutupi maka hukumannya hanya pada pelakunya saja, namun jika telah tampak dan tidak diingkari maka mudharatnya meluas, apalagi dengan tersebarnya mengusik dan menggerakkan syahwat orang lain padanya.”

📁(Majmu Fatawa : 14/463 465)

📂 (Faedah ilmiah dari al-Ustadz Usamah Mahri di WhatsApp طريق السلف)

📚 WhatsApp طريق السلف 📚
🌐 www.thoriqussalaf.com
🌐 telegram: http://bit.ly/thoriqussalaf