8
Oct
2018

Wajib Mentaati Pemerintah Walaupun Jahat dan Zalim

💺⚖ Wajib Mentaati Pemerintah Walaupun Jahat dan Zalim

☝🏼Kewajiban taat kepada pemerintah ini, sebagaimana dijelaskan Rasulullah ﷺ, adalah terhadap setiap penguasa, meskipun jahat, zalim, atau melakukan banyak kejelekan dan kemaksiatan. Kita tetap bersabar mengharapkan pahala dari Allah سبحانه و تعالى dengan memberikan hak mereka, iaitu ketaatan walaupun mereka tidak memberikan hak kita.

📕 Diriwayatkan dari Abdullah bin Mas’ud رضي الله عنه, dia berkata, Rasulullah ﷺ bersabda:

إِنَّهَا سَتَكُونُ بَعْدِي أَثَرَةٌ وَأُمُورٌ تُنْكِرُونَهَا قَالُوا: يَا رَسُولَ اللهِ كَيْفَ تَأْمُرُنَا؟

“Akan muncul setelahku atsarah (orang-orang yang mengutamakan diri mereka sendiri dan tidak memberikan hak kepada orang yang berhak, red.) dan perkara-perkara yang kalian ingkari.” Mereka (para sahabat, red.) bertanya, “Apa yang engkau perintahkan kepada kami, wahai Rasulullah?” Baginda ﷺ bersabda:

تُؤَدُّوْنَ الْحَقَّ الَّذِيْ عَلَيْكُمْ وَتَسْأَلُوْنَ اللهَ الَّذِيْ لَكُمْ

“Tunaikanlah kewajiban kalian kepada mereka dan mintalah hak kalian kepada Allah.” (Sahih, HR al-Bukhari dan Muslim dalam Sahih keduanya)

📕 Diriwayatkan pula dari ‘Adi bin Hatim رضي الله عنه, dia berkata, “Kami mengatakan, ‘Wahai Rasulullah, kami tidak bertanya tentang ketaatan kepada orang-orang yang takwa, tetapi orang yang berbuat begini dan begitu… (disebutkan kejelekan-kejelekan).’ Maka Rasulullah ﷺ bersabda:

وَاتَّقُوا اللهََ وَاسْمَعُوْا وَأَطِيْعُوْا

‘Bertakwalah kepada Allah! Dengar dan taatlah!’.” (Hasan lighairihi, diriwayatkan oleh Ibnu Abu ‘Ashim dalam as-Sunnah dan lain-lain. Lihat al-Wardul Maqthuf, hlm. 32)

✅ Ibnu Taimiyah رحمه الله‎ berkata, “Bahawasanya termasuk ilmu dan keadilan yang diperintahkan adalah sabar terhadap kezaliman para penguasa dan kejahatan mereka, sebagaimana ini merupakan prinsip dari prinsip-prinsip Ahlus Sunnah wal Jamaah dan sebagaimana diperintahkan oleh Rasulullah ﷺ dalam hadits yang masyhur.” (Majmu’ Fatawa juz 28, hlm. 179, cet. Maktabah Ibnu Taimiyah Mesir)

✅ Sedangkan menurut al-Imam an-Nawawi رحمه الله‎, “Kesimpulannya adalah sabar terhadap kezaliman penguasa dan bahawasanya tidak gugur ketaatan dengan kezaliman mereka.” (Syarah Sahih Muslim, 12/222, cet. Darul Fikr Beirut)

✅ Ibnu Hajar رحمه الله‎ berkata, “Wajib berpegang dengan jamaah muslimin dan penguasa-penguasa mereka walaupun mereka bermaksiat.” (Fathul Bari Bi Syarhi Shahihil Bukhari)

📂 http://forumsalafy.net/kewajiban-taat-kepada-pemerintah/

📚 ll مجموعة طريق السلف ll 📚
🌐 www.thoriqussalaf.com
🌐 http://telegram.me/thoriqussalaf