22
Mar
2020

Jangan Sampai Kita Terlalai Membaca Zikir Pagi & Petang

🥀 Jangan Sampai Kita Terlalai Membaca Zikir Pagi & Petang

أبان بن عثمان يقول سمعت عثمان يعني ابن عفان يقول سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول من قال بسم الله الذي لا يضر مع اسمه شيء في الأرض ولا في السماء وهو السميع العليم ثلاث مرات لم تصبه فجأة بلاء حتى يصبح ومن قالها حين يصبح ثلاث مرات لم تصبه فجأة بلاء حتى يمسي و قال فأصاب أبان بن عثمان الفالج فجعل الرجل الذي سمع منه الحديث ينظر إليه فقال له ما لك تنظر إلي فوالله ما كذبت على عثمان ولا كذب عثمان على النبي صلى الله عليه وسلم ولكن اليوم الذي أصابني فيه ما أصابني غضبت فنسيت أن أقولها .

📕 Aban bin Utsman berkata aku mendengar Utsman bin Affan berkata, aku mendengar Nabi ﷺ bersabda:

“Barang siapa yang membaca

بسم الله الذي لا يضر مع اسمه شيء في الأرض ولا في السماء وهو السميع العليم

Dengan nama Allah yang dengan namaNya tidak akan ada sesuatu apa pun di bumi mahu pun di langit yang akan termudharatkan. Dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. (3×)

Maka tidak akan menimpa dirinya malapetaka yang tiba-tiba, sampai pagi hari. Dan apabila ia baca di pagi hari tiga kali, maka tidak akan menimpa dirinya malapetaka yang tiba-tiba, sampai petang hari.

☝🏼Kemudian Aban bin Utsman tertimpa kelumpuhan, maka orang yang mendengar hadits darinya memandang beliau, maka Aban katakan, “Kenapa engkau memandang padaku?” Sungguh aku tidak berdusta atas nama Utsman, Utsman juga tidak berdusta atas nama Nabi, namun di hari aku tertimpa kelumpuhan aku dalam keadaan marah, maka aku pun lupa untuk membacanya.” (HR Abu Dawud dan disahihkan al-Albani 11/88)

‼️ Pelajaran berharga dalam riwayat ini adalah seharusnya kita menjaga zikir dan doa-doa sunnah untuk selalu kita baca lebih dari sebab-sebab penjagaan lainnya.

والله الموفق

✍🏼 Al-Ustadz Usamah Mahri حفظه الله

📚 ll مجموعة طريق السلف ll 📚
🌐 www.thoriqussalaf.com
🌐 http://telegram.me/thoriqussalaf