5
Jan
2022

Wafatnya Seorang Ulama & Orang Sholeh

🍃🌴 Wafatnya Seorang Ulama & Orang Sholeh

Pada hari ini umat telah kehilangan ulama besarnya, iaitu asy-Syaikh Sholeh al-Luhaydan رحمه الله. Moga Allah mengampuni beliau, merahmati beliau dan menempatkan beliau di dalam JannahNya. Amiin.

❓Ada penanya yang menanyakan apakah kematian para ulama dan orang-orang sholeh, itu sebagai petanda semakin dekatnya kiamat dan akhir zaman?

✅ Asy-Syaikh Sholeh Fauzan حفظه الله menjawab, “Ya, betul. Di akhir zaman akan banyak kematian para ulama dan begitu pula akan tersebar luas kejahilan, sebagaimana di dalam hadits:

[عن عبدالله بن عمرو:] إنَّ اللَّهَ لاَ يقبِضُ العِلمَ انتزاعًا ينتزعُهُ منَ النّاسِ ولكِن يقبِضُ العِلمَ بقَبضِ العُلَماءِ، فإذا لم يَبقَ عالمٌ اتَّخذَ النّاسُ رؤساءَ جهّالًا فسُئِلوا فأفتَوا بغيرِ علمٍ فضَلُّوا وأضَلُّوا

“Sesungguhnya Allah tidak akan mencabut langsung ilmu itu dari dada manusia, tetapi Allah cabut ilmu itu dengan kematian para ulama. Sehingga tidak tersisa lagi seorang alim, lalu manusia mengangkat orang-orang jahil sebagai pemimpin mereka. Mereka ditanya, mereka menjawab tanpa ilmu, mereka sesat dan menyesatkan.”

Maka ini menjadi petanda dekatnya hari kiamat. Maka atas kaum muslimin, untuk mementingkan ilmu yang bermanfaat, baik dalam bentuk pengajarannya, pengamalannya dan agar mereka pula memperbanyak atau memadatkan materi-materi ilmu syar’i di sekolah-sekolah atau ma’had-ma’had mereka, begitu pula di universitas mereka, agar ilmu itu tidak hilang dari mereka lalu tergantikan dengan tersebarnya kejahilan.

Ketika ilmu hilang, manusia memerlukan orang yang memberi mereka fatwa, menjawab pertanyaan mereka dan membimbing mereka. Saat itu, manusia akan mengangkat orang jahil sebagai pemimpinnya. Mereka ditanya, mereka menjawab dan berfatwa tanpa ilmu, mereka sesat dan menyesatkan ramai orang. Wala hawla wala quwwata illa billah.”

✍🏼 Al-Ustadz Usamah Mahri حفظه الله

📚 ll مجموعة طريق السلف ll 📚
🌐 www.thoriqussalaf.com
🌐 http://telegram.me/thoriqussalaf