16
Jul
2022

Tauladan Keikhlasan Al-Imam Ahmad bin Hanbal

🌹🌴 Tauladan Keikhlasan Al-Imam Ahmad bin Hanbal

• Al-Imam Ibnu Rojab رحمه الله berkata, “Ketika nama Imam Ahmad semakin tersohor, membuat beliau semakin sedih dan gelisah. Dan hal itu membuat beliau semakin sering di dalam rumahnya, jarang beliau keluar menghantar jenazah atau semisalnya kerana khawatir akan berkumpulnya orang pada beliau.”

• Al-Imam Ibnu Rojab رحمه الله berkata, “Maka betapa sangat bedanya antara kondisi orang-orang yang jujur seperti beliau dibanding orang yang malah berusaha untuk menampilkan dirinya dengan berbagai macam cara, terkadang dengan cara mencari perhatian para penguasa atau selain mereka. Namun saat hakikat segala sesuatu terkuak, akan tampak mana yang asli, mana pula yang palsu.”

• Al-Imam Ibnu Rojab رحمه الله berkata, “Aroma keikhlasan seperti aroma dupa qahru yang wangi, semakin ia tersembunyi di dalam serat pakaian, maka ia akan semakin kuat aroma wanginya. Ada pun bau riya’, ia seperti bau asap arang, di mana ia akan naik ke atas kemudian lenyap dan tidak tersisa kecuali baunya yang busuk.”

• Al-Imam Ibnu Rojab رحمه الله berkata, “Imam Ahmad berusaha keras agar beliau tidak dikenali, namun Allah inginkan agar beliau tersohor dan bahkan disandingkan gelar imam pada nama beliau saat nama beliau disebut, orang terima ataupun tidak. Sementara di zaman beliau ada orang-orang yang rela mengeluarkan banyak harta agar nama mereka disebut-sebut di pasar agar dirinya terkenal, namun tetap saja mereka tidak dikenal dan tidak pula orang menyebut nama mereka.”
(Majmu Rosaail Ibnu Rojab 2/757)

اللهم اجعلنا من المخلصين

✍🏼 Al-Ustadz Usamah Mahri حفظه الله

📚 ll مجموعة طريق السلف ll 📚
🌐 www.thoriqussalaf.com
🌐 http://telegram.me/thoriqussalaf