12
Oct
2016

Kesalahan Dalam Keyakinan & Amalan Di Akhir Tahun Hijrah

🔖📑 Kesalahan Dalam Keyakinan & Amalan Di Akhir Tahun Hijrah

✉📩📧📲📞 Seputar pesanan yang disebarkan melalui SMS, WhatsApp, Facebook, e-mail, ataupun laman-laman web internet seperti:
📄 “Bersemangatlah untuk menutup lembaran akhir tahun anda dengan Istighfar, taubat, dan amalan soleh”

atau yang kalimat-kalimat semakna dengan ini.

☝🏼Pesan-pesan semacam ini DIHARAMKAN bagi seorang Muslim untuk saling menukilkan dan menyebarkannya kepada umat. Hal ini kerana 3 perkara:

1⃣ Di dalamnya terdapat seruan untuk mengkhususkan akhir tahun dengan ibadah tertentu. Pengkhususan akhir tahun dengan ibadah tertentu yang tidak ada bimbingannya di dalam Al-Qur’an ataupun As-Sunnah an-Nabawiyah, tidak pula didapati keterangan para Ulama untuk melakukannya. Maka berdasarkan hal ini, tindakan menyebarkannya merupakan BID’AH yang diharamkan, dan peringatan semisal ini merupakan ajakan untuk menghidupkan bid’ah serta menyebarkannya ditengah-tengah umat.

2⃣ Ucapan tentang “Tertutupnya lembaran amalan di setiap akhir tahun”, maka orang yang mengucapkannya dituntut mendatangkan dalil dari Al-Qur’an ataupun As-Sunnah. Kerana tertutupnya kitab catatan amal termasuk perkara ghaib, maka mana dalil atas ucapan tersebut sampai orang-orang termotivasi untuk bersegera dan bergegas di dalam menyebarkannya tanpa crosschek, atau dikoreksi, tanpa ada muroqobah (merasa diawasi oleh Allah Ta’ala) dan rasa takut kepada Allah Jalla Jalaluhu.

☝🏼Kemudian, bahawasanya kalender Hijrah ditetapkan di masa Khilafah Umar radhiyallahu ‘anhu, -wahai kalian orang-orang yang melihat- lalu bila ditutupnya lembaran amalan hamba sebelum ditetapkannya kalender Hijrah tersebut?

3⃣ Sudah menjadi ketetapan bagi para Ulama bahwasanya tertutupnya lembaran amalan hamba hanya ketika dia telah meninggal. Amalannya entah baik ataukah buruk akan terus tertulis sampai ajal menjemputnya.

✍🏼 Dari Khutbah asy-Syaikh ‘Abdul Qadir al-Junaid

📥sumber : http://manhajul-anbiya.net

📚 WhatsApp طريق السلف 📚
🌐 www.thoriqussalaf.com
🌐 telegram: http://bit.ly/thoriqussalaf