12
Jun
2018

Bila Kita Menyambut Idul Fitri?

🌙🌔 Bila Kita Menyambut Idul Fitri?

📆 Hari raya Idul Fitri jatuh pada tanggal 1 Syawwal yang ditentukan dari ru’yatul hilal (melihat anak bulan) bukan dengan ilmu hisab.

📕Rasulullah ﷺ bersabda, “Berpuasalah berdasarkan ru’yatul hilal dan berhari rayalah berdasarkan ru’yatul hilal. Jika terhalangi oleh mendung (atau semisalnya) maka genapkan bilangan hari bulan tersebut menjadi 30 hari.” (HR al-Bukhari)

☝🏼Idul Fitri dan juga shaum (puasa) Ramadhan merupakan syiar keutuhan dan kebersamaan. Namun sangat disayangkan, terkadang syiar ini ternodai oleh perselisihan dan perpecahan di antara kaum muslimin dalam menentukan Idul Fitri ataupun masuknya bulan Ramadhan.

📕Padahal Nabi ﷺ bersabda, “Shaum (puasa) itu pada waktu berpuasanya kalian (kaum muslimin), Idul Fitri pada saat kalian (kaum muslimin) berhari raya Idul Fitri, dan berkurban pada saat kaum muslimin berkurban.” (HR at-Tirmidzi dengan sanad sahih)

❗Oleh kerananya, para ulama seperti asy-Syaikh al-Albani dan asy-Syaikh Ibnul Utsaimin menasihatkan agar setiap muslim mengikuti pemerintahnya masing-masing. (Lihat Tamamul Minnah hal. 398 dan Asy-Syarhul Mumti’ 6/322)

☝🏼Di samping itu, kami juga mewasiatkan kepada pemerintah -semoga Allah Subhanallahu wa Ta’la merahmati mereka- agar melandaskan keputusan masuk dan keluarnya Syawwal/Ramadhan secara syar’i, iaitu dengan ru’yatul hilal dan bukan dengan ilmu hisab.

📂 Sumber: http://www.darussalaf.or.id/fiqih/ber-idul-fitri-di-atas-sunnah-nabi-shalallahu-alaihi-wa-sallam/

📚 ll مجموعة طريق السلف ll 📚
🌐 www.thoriqussalaf.com
🌐 http://telegram.me/thoriqussalaf