3
Dec
2015

Detik-Detik Menjelang Hari Kiamat (Bahagian 1)

🌏🔥 Detik-Detik Menjelang Hari Kiamat (Bahagian 1) 🔥🌏

1⃣ – Manusia Mengikuti Kebiasaan Umat Terdahulu

☝🏼Termasuk dari fitnah besar yang menimpa kaum muslimin adalah mengikuti dan meniru berbagai kebiasan Yahudi dan Nasrani. Sebahagian kaum muslimin meniru kebiasaan orang-orang kafir dari busana (pakaian), akhlak dan kekaguman terhadap orang-orang kafir. Bahkan dalam perkara agama pun, tidak luput, sebahagian kaum muslimin meniru mereka. Rasulullah sendiri pernah memperingatkan:

📕”Tidak akan datang hari kiamat sampai umatku mengikuti kebiasaan umat terdahulu sejengkal demi sejengkal dan sehasta demi sehasta.” Kemudian ada yang bertanya, “Wahai Rasulullah, apakah mereka Parsi dan Romawi?” Rasulullah menjawab, “Tidak ada lain kecuali mereka.” (HR Bukhari no. 7319)

📕Dalam riwayat lain disebutkan, “Benar-benar kalian akan mengikuti kebiasaan umat sebelum kalian, sejengkal demi sejengkal dan sehasta demi sehasta, sampai seandainya mereka masuk ke dalam lubang biawak, kalianpun akan mengikutinya.” Para sahabat bertanya, “Wahai Rasulullah, apakah mereka Yahudi dan Nasrani?” Rasulullah menjawab, “Siapa lagi kalau bukan mereka?” (HR Bukhari no. 3456 dan Muslim no. 2669)

💎 Al-Imam an-Nawawi asy-Syafi’i berkata, “Yang dimaksud dengan sejengkal, sehasta dan lubang biawak adalah permisalan yang menggambarkan penyerupaan yang sangat parah, dan yang dimaksud dengan penyerupaan disini adalah serupa dalam perkara kemaksiatan dan penyelesihan syariat bukan dalam perkara kekufuran. Ini merupakan mukjizat yang nampak dari Rasulullah, dan sungguh telah menjadi kenyataan yang demikian sebagaimana yang diberitakan oleh Rasulullah.” (Syarh Shahih Muslim, juz 16, hlm. 219, 220)

Bersambung insyaAllah.

📂 (Buletin Jum’at Al-Ilmu, Edisi 14/IV/XII/1435H)

📚 WhatsApp طريق السلف 📚
🌐 www.thoriqussalaf.com
🌐 telegram: thoriqussalaf

You may also like

Orang Yang Paling Cerdas
Penjelasan Para Ulama 4 Madzhab Mengenai Agama Syiah
Silsilah Bukti-Bukti Penyimpangan-Penyimpangan Syiah Dari Agama Islam (Bahagian 8 – Akhir)
Silsilah Bukti-Bukti Penyimpangan-Penyimpangan Syiah Dari Agama Islam (Bahagian 7)